Kriminalisasi Advokat

Tanpa Sprinkap, Advokat Ini Ditangkap Bak Teroris

Sigit Pratomo, aktivis Penerapan dan Penegakan Hukum yang juga seorang advokat ditangkap satuan reserse kriminal Polres Klaten di Pengadilan Negeri Klaten, Rabu (14/09/2016) dengan sangkaan pasal 378 tentang penipuan.

“Sigit dikriminalisasi. Tadi ditangkap jam 1-nan masih pakai Toga waktu mau keluar dari PN (Pengadilan Negeri, red)”, beber Indra Wiyana rekan Sigit.

Informasi yang dihimpun eSKaHa, penangkapan Sigit ini terkait dengan rentetan beberapa peristiwa pasca Sigit dan Indra melakukan praperadilan terhadap Polres Klaten atas kejanggalan penanganan kasus galian C di mana ada penyitaan alat berat namun tidak pernah ada proses pro justitia. Masih ditambah lagi adanya pemukulan terhadap Sigit beberapa waktu lalu yang diduga dilakukan oleh Kapolres Klaten.

Baca: Kapolres Klaten Diduga Aniaya Aktivis

“Penangkapan-nya kayak teroris, diborgol dan di-shooting”, tambah Indra.

Nata Dwi Nugraha yang berada di lokasi kejadian membenarkan adanya penangkapan ini.

“Iya mas, waktu mau keluar dari PN Sigit ditangkap dan sampai saat ini masih di Polres Klaten” jelasnya singkat dihubungi eSKaHa melalui ponselnya.

Riskam Bindarin, rekan sesama advokat Sigit Pratomo mempertanyakan penangkapan Sigit yang terkesan serampangan.

“Sampai saat ini belum ada kejelasan status mas Sigit, kalau ditangkap kok sampai saat ini yang bersangkutan maupun keluarganya gak terima sprinkap-nya. Tapi, kalau gak ditangkap dari tadi siang sampai sekarang kok belum pulang?”, tanyanya heran.

Kapolres Klaten, AKBP Faisal, S.Ik., M.H. yang dihubungi eSKaHa tidak bersedia berkomentar terkait penangkapan Sigit ini.

 

Facebook Comments

Related Posts

3 Comments

Add Comment