Seniman Sukoharjo Berkarya

Gelar Budaya Persojo Momen Kebangkitan Kesenian di Sukoharjo

Persaudaraan Seniman Sukoharjo (PERSOJO) menyelenggarakan kegiatan pentas bersama bertajuk Gelar Budaya Persojo (12/04/2016) bertempat di GP3D Graha Wijaya. Gelar Budaya Persojo kali ini merupakan kegiatan pertama yang selanjutnya akan dilaksanakan secara rutin dua minggu sekali pada minggu kedua dan ke-empat setiap bulannya.

Disambangi eSKaHa di lokasi pentas, Ketua Panitia Gelar Budaya Persojo Ari Purno Saputro apresiasi para pegiat seni di Sukoharjo terhitung bagus meski cuaca agak kurang bersahabat karena dari sore hari hujan mengguyur kota jamu.

“Persiapan kami hanya dua minggu, tapi dengan hasil seperti ini, kami tidak terlalu kecewa,” terang pria yang akrab disapa Ari Kendang ini.

Jebolan ISI Surakarta yang aktif di Campursari ini merasa cukup puas karena seluruh pengisi acara yang diundang hadir dan siap memberikan penampilan terbaiknya.

“Hadir semua, ya meski pembukaan acara harus molor 40 menit dari jam 19.30 WIB yang direncanakan,” imbuhnya.

Sekretaris Persojo, Xojel Indriyanto mengamini pernyataan Ari seraya menjelaskan bahwa memang untuk menyelenggarakan acara ini butuh kerja keras dan perjuangan luar biasa.

“Jamak dalam sebuah kegiatan, ada yang aktif, ada yang hanya menunggu, ada yang pasif, toh akhirnya tetap kembali pada seleksi alam”, terang seniman campursari yang juga Guru SMK di Yogyakarta ini.

Teguh Prasetyo, seniman tari yang mengampu sanggar Santi Budaya memberikan apresiasi positif terkait Gelar Budaya Prasojo ini.

“Bahasa sederhananya, nglempak-aken balung apisah (mengumpulkan tulang yang berserakan, red), supaya kawan-kawan seniman Sukoharjo ini tetap terjalin silaturahminya, komunikasinya, dan saling bisa membantu satu-sama lain dalam berkesenian”, jelasnya kepada eSKaHa.

Dihubungi di tempat yang sama, Ketua Persojo, MC. Ashadi Sumanto menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan upaya memberikan wadah bagi para seniman anggota Persojo untuk berekspresi, berorganisasi, dan mengembangkan kemampuan seni.

“Ada sisi kebersamaan ketika Global Soundsystem dan Juwita Video Shooting memberikan kontribusi tanpa motivasi bisnis dalam kegiatan ini”, terang MC. kondang asal Jati Sukoharjo ini.

“Saya sangat berharap, bukan muluk-muluk dan tidak juga berlebihan, Gelar Budaya Persojo malam ini menjadi momen kebangkitan kesenian di Sukoharjo,” harap MC. senior ini menutup perbincangan dengan eSKaHa.

Facebook Comments

Related Posts

One Response

Add Comment